Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewajibkan semua peserta ujian nasional (UN) 2012 membuat pernyataan kejujuran.
Melalui kebijakan ini,Kemendikbud berharap pelaksanaan UN berjalan dengan bersih dan jujur. Penandatanganan pernyataan kejujuran tersebut merupakan salah satu dari prosedur operasi standar UN 2012. Pada pelaksanaan UN 2012 memang berbeda dengan gelaran sebelumnya. Mereka (para peserta) harus menjunjung tinggi kejujuran dan berjanji tidak melakukan kecurangan selama mengikuti UN.

Secara teknis, penandatanganan pernyataan kejujuran akan dilakukan para peserta pada lembar jawaban soal. Ini sebagai bentuk komitmen bersama menjunjung tinggi kejujuran selama UN berlangsung. Penandatanganannya tidak memakai meterai. Tak hanya peserta UN,para pengawas juga akan diminta menandatangani pernyataan kejujuran pada pelaksanaan UN. Penekanan pada aspek kejujuran ini merupakan salah satu hasil evaluasi pemerintah terhadap UN sebelumnya.

Peserta yang kedapatan mengingkari pernyataan yang sudah ditandatangani dengan berbuat tidak jujur akan diberikan sanksi tegas. Sesuai aturan, sanksi terberat bisa dinyatakan tidak lulus. Diharapkan semua pihak menjunjung tinggi kejujuran agar hasil UN kredibell. Sesuai jadwal, UN 2012 akan dimulai mulai pada 16 April untuk jenjang SMA/MA dan SMK, 23 April untuk jenjang SMP/MTs/SMPLB, dan 7 Mei untuk SD/MI/SDLB.
Sumber : http://www.seputar-indonesia.com

About varica zumalia muis

new me...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s